Regulasi 5 Pergantian Pemain Di Liga 1 Indonesia Tuai Banyak Komentar

Liga 1 Indonesia akhirnya secara resmi menerapkan sebuah aturan baru untuk penyelenggaraan liga pertama Indonesia pada musim ini. Peraturan tersebut memperbolehkan pergantian pemain dalam satu laga boleh dilakukan sampai lima kali untuk masing-masing tim. Hal itu kemudian sudah dikatakan secara langsung oleh CEO PT Liga Indonesia Baru atau sering disebut LIB yakni Risha Adiwijaya. Risha Adhiwijaya sudah mengatakan bahwa pertimbangan mengapa peraturan tersebut diberlakukan untuk penyelenggaraan liga Indonesia kali ini akhirnya secara resmi diberlakukan. “Memang kalau sebelum ini hanya ada 18 pemain namun diubah menjadi 20 pemain. Karena akhirnya ada peraturan mengenai pemain dibawah usia 23 tahun yang harus bermain di 45 menit pertama pertandingan. Akhirnya dengan segala pertimbangan kami memutuskan untuk memberlakukan hal tersebut” tutur Risha Adhiwijaya di Kantor Makostrad, Jakarta pada hari Rabu (29/3/2017).

Regulasi 5 Pergantian Pemain Di Liga 1 Indonesia Tuai Banyak KomentarMengenai peraturan yang akhirnya diterapkan di Liga 1 Indonesia tersebut akhirnya sempat memicu perdebatan karena sebenarnya ada sebuah acuan yang sudah ada di Laws Of The Game FIFA dan juga IFAB. Timo Scheuneman yang sekarang ini menjadi pelatih di Persiba Balikpapan sebenarnya pada dasar itulah seharusnya peraturan yang digunakan oleh PT Liga Indonesia Baru atau LIB untuk liga pertama Indonesia. Apalagi menyangkut masalah yang mengharuskan untuk memainkan pemain berusia dibawah 23 tahu. “Ya mau bagaimana lagi memang sudah harus begitu adanya. Karena sekarang ada pemain muda yang harus dimainkan oleh kami. Memang sebelumnya sudah penah dicoba di ajang Piala Presiden. Semoga peraturan ini bisa membuat pelatih lebih mudah mengatur tim”. Selain itu Nil Maizar yang merupakan pelatih Semen Padang juga angkat bicara. Dirinya bahkan mengatakan bahwa peraturan yang digunakan oleh PT Liga Indonesia Baru tersebut sebenarnya tidak sesuai dengan Laws Of Game FIFA. Jika memang tujuang dari LIB adalah untuk membuat banyak pemain berusia 23 tahun bisa bermain, dirinya memberikan saran untuk lebih menggalakan kompetisi dengan umur yang sesuai.

“Pergantian lima pemain di Liga 1 Indonesia tersebut tentunya sudah tidak benar. Aturannya sebenarnya kita harus merujuk ke Laws Of The Game dari FIFA karena semua sudah ada di sana. Anda sebenarnya harus bertanya kepada PSSI mengapa mereka akhirnya membuat aturan ini. Jika mereka ingin sebenarny lebih baik untuk dibuat sebuah kompetisi liga kelompok umur dari level kabupaten hingga nasional. Tentunya harus teroganisir dengan baik. Bukan seperti hal ini. Kalau sekarang ini jumlah pergantian pemain menjadi lima pelatih juga merasakan kebingungan karena yang tadinya Cuma tiga menjadi lima. Tida ada sebenarnya mengenai aturan seperti itu. Belum jika di Asia. Kita akan terasa pengaruh pergantian ini” tutur Nil Maizar.