Liga 2 Indonesia Siap Diselenggarakan

Kompetisi Liga 2 Indonesia yang merupakan kompetisi tertinggi level kedua di dunia sepakbola Indonesia akhirnya sudah siap untuk diselenggarakan. Nantinya pada Liga nomor dua di Indonesia tersebut akan diisi oleh 60 klub dari berbagai tempat di Indonesia. Semua klub tersebut nantinya juga akan dibagi menjadi delapan grup. Hal itu baru-baru ini telah secara resmi diputuskan asosiasi tertinggi olahraga sepakbola di Indonesia atau lebih sering dikenal dengan sebutan PSSI. Konfirmasi mengenai format dari Liga kedua di Indonesia tersebut akhirnya dikeluarkan oleh pihak PSSI setelah mereka mengadakan rapat dengan PT Liga Indonesia Baru atau sering disebut dengan LIB yang merupakan operator dari kompetisi sepakbola di Indonesia, di kantor Makostrad, Jakarta pada hari Kamis (30/3.2017) kemarin. Pada rapat ini sendiri perwakilan dari 60 klub tersebut pun ikut hadir untuk membahas format kompetisi tersebut.

Liga 2 Indonesia Siap Diselenggarakan“Liga 2 Indonesia sendiri direncanakan akan mulai bisa diselenggarakan pada nantinya tanggal 19 April 2017. Pelaksanaan liga nomor 2 di Indonesia itu sendiri akan dijalankan dengan format Home dan Away kecuali untuk grup delapan karena mereka menyelenggaran pertandingan tersebut di satu tempat yakni Jayapura” ujar dari ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi seusai rapat bersama PT Liga Indonesia Baru. Nantinya dalam perjalanannya, masing masing grup akan diisi oleh tujuh tim atau delapan tim. Mereka akan bermain untuk menentukan 2 klub teratas yang nantinya akan berhak untuk lolos ke babak selanjutnya yakni babak 16 besar untuk kemudian menetukan gelar juara di Liga kedua Indonesia tersebut.

Untuk Liga 2 Indonesia sendiri PT Liga Indonesia Baru atau LIB juga sudah menentukan mengenai besaran jumla hadiah yang akan diterima oleh tim yang berhasil memenangakn gelar juara Liga nomor 2 di Indonesia tersebut. Besaran untuk hadiah utamanya sendiri akan bernilai 1 Milliar rupiah. Nantinya pada laga pembukaan di liga kedua di Indonesia tersebut akan mempertemukan PSS Sleman untuk melawan PSS Cilacap yang akan dilangsungkan di markas PSS Sleman di stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Untuk subsidi awal sendiri PT LIB dipastikan akan memberikan dana segar sejumlah 500 juta rupiah kepada setiap tim. Jumlah tersebut juga tentunya akan bertambah jika nantinya klub berhasil lolos ke fase babak 16 besar. Mereka kemudian akan mendapatkan dana segar sejumla 400 juta rupiah. Untuk regulasi yang diterapkan di liga yang satu ini sendiri, PSSI menerapkan bahwa untuk masing-masing tim wajib memiliki pemain berusia 25 tahun dan hanya boleh ada 5 pemain yang berusia di atas 35 tahun. Sementara itu untuk permasalahan pergantian pemain, di liga ini tetap akan menggunakan peraturan biasa yakni maksimal 3 orang saja.